Buah Alpukat: 13 Manfaat Untuk Kesehatan

Buah Alpukat: 13 Manfaat Untuk Kesehatan - Selamat datang para pencari berita yang terhormat, kali ini kami akan membahas mengenai manfaat buah alpukat, Alpukat atau Persea americana ialah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama.

Buah Alpukat: 13 Manfaat Untuk Kesehatan
Buah Alpukat

Buah Alpukat 

Buah Alpukat ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.

Buah Alpukat Berdasarkan Anatominya

Bunga pohon yang satu ini tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Pohon dengan batang mencapai tinggi 20 m dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 sentimeter. 

Buahnya bertipe buni, memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah apokat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut.

Buah Alpukat Bagi Kesehatan

Pohon yang satu ini memang terbilang banyak manfaatnya, dari batang kayunya samapai daun, dan isinya pun mengandung manfaat yang besar bagi kesehatan manusia. Namun yang paling besar adalah manfaat buahnya, Lihat beberapa manfaat buah alpukat bagi kesehatan dibawah ini:
  1. Membuat rambut berkilau. Kandungan vitamin E yang tinggi dapat digunakan untuk membuat masker alpukat untuk rambut . Caranya : hancurkan satu buah alpukat matang dengan dua sendok makan yoghurt, satu butir telur, setengah sendok teh minyak rosemary dan satu sendok teh minyak jojoba. Biarkan selama 20 menit sebelum mencucinya dengan sampo. Vitamin E membantu untuk menjaga warna rambut. 
  2. Menmperlambat Proses Penuaan. Karena kaya akan antioksidan, alpukat juga penting untuk mencegah gejala penuaan. Glutathione dalam alpukat dapat mendorong sistem kekebalan, memperlambat proses penuaan dan mendorong sistem saraf. 
  3. Menyehatkan Mata. Alpukat adalah sumber terbaik dari karotenoid lutein yang mampu melindungi mata yang berhubungan dengan penuaan dan katarak. 
  4. Menjaga Jantung. Kandungan Mineral, Mangaan dan Seng dalam Alpukat  bermanfaat untuk meredakan tekanan darah tinggi, memantau detak jantung dan menjaga fungsi saraf tetap terjaga. 
  5. Menyehatkan Kulit Minyak alpukat ditambahkan ke banyak kosmetik karena kemampuannya untuk memberi nutrisi pada kulit dan membuat kulit Anda bersinar. Selain itu, buah itu bisa membantu menyembuhkan penyakit kulit psoriasis yang bisa membuat kulit merah dan iritasi. 
  6. Menyingkirkan lemak diperut. Kandungan Alpukat yang lain adalah lemak (lemak nabati yang tergolong sehat dan bermanfaat bagi tubuh), alpukat juga mengandung senyawa fitonutrien. Senyawa fitonutrien mampu memerangi lemak perut dan menjadikannya susut dan rata. Hindari pemakaian gula tambahan dan susu kental manis yang biasa dicampurkan ketika mengkonsumsi alpukat, karena gula dan susu kental manis yang membuat gemuk. 
  7. Melindungi dari Kanker. Banyak penelitian menunjukkan bahwa alpokat dapat mencegah pertumbuhan kanker prostat. Asam oleic dalam alpokat juga efektif dalam mencegah kanker payudara. 
  8. Alpukat merupakan makanan terbaik diabetes. Kandungan Kalium yang tinggi dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Juga baik untuk pengobatan diabetes. Lemak sehat di dalamnya meningkatkan kadar insulin, sehingga menurunkan tingkat gula darah. 
  9. Menurunkan tekanan darah. Kandungan Potasium atau Kalium dalam bisa  mencegah pengendapan cairan dalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah. 
  10. Menurunkan Kadar Kolesterol. Kandungan Lemak tak jenuh dalam alpukat ada lemak nabati yang tinggi yang tak jenuh. Lemak ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol darah (LDL), yang berarti dapat mencegah penyakit stroke, darah tinggi, kanker atau penyakit jantung. 
  11. Sebagai penangkal radikal bebas. Kandungan Asam oleat dalam alpukat merupakan antioksidan yang sangat kuat yang dapat menangkap radikal bebas dalam tubuh akibat polusi. 
  12. Mencegah penyakit anemia. Karena Alpukat mengandung Zat Besi dan Tembaga: zat ini diperlukan dalam proses regenerasi darah sehingga mencegah penyakit anemia. 
  13. Menghilangkan Bau Mulut. Buah ini adalah salah satu penghilang bau mulut alami paling baik. Alpukat membersihkan intestine yang menjadi penyebab lidah berlendir dan bau mulut.
Nah bagaiaman pembaca yang masih setia? Sudah faham dan mengertikan mengenai 13 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan. Sebagai pembaca yang budiaman kami harapkan dari anda saran dan kritikan yang positif.

Dan apabila anda mempunya teman ataupun saudara arahkan mereka ke blog sederhana kami ini, kami akan berterima kasih sekali atas promosi anda. Oke, mungkin sampai disini kami menenmani anda dalam artikel ini, semoga bermanfaat bagi anda, sampai jumpa kembali.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment