Penyebab Rambut Rontok PARAH

Penyebab Rambut Rontok PARAH - Rambut merupakan mahkota bagi setiap wanita, bagi pria rambut juga sangat penting. Kesuburan rambut bagi tiap orang berbeda-berbeda satu dengan lainnya. Kerontokan rambut merupakan hal yang alami asal tidak berlebihan. Apabila terjadi terus menerus, alangkah baiknya anda mulai untuk menganalisa penyebabnya. Secara umum, penyebab rambut rontok dapat dibedakan menjadi dua, yaitu internal dan eksternal. Baik kita bahas satu persatu:

Penyebab Rambut Rontok PARAH
Penyebab Rambut Rontok

Penyebab Rambut Rontok Faktor External

Gaya Rambut
Gaya rambut yang sering berubah-rubah merupakan  salah satu penyebab rambut rontok yang paling umum terjadi, tidak semua gaya rambut cocok dengan rambut karena beberapa rambut bisa menyebabkan rambut tertarik hingga akarnya sehingga menyebabkan rambut menjadi lebih rapuh dan cepat patah. Jadi berhati-hatilah dan pikirkan dengan matanf sebelum merubah gaya rambut anda.


Bahan Kimia
Zaman sekarang ini banyak style rambut masa kini yang bisa membuat rambut menjadi indah. Sayangnya style rambut yang indah dan keren itu membutuhkan bahan-bahan kosmetik rambut yang mengandung bahan-bahan kimia buatan agar supaya rambut mudah untuk dibentuk menjadi berbagai variasi bentuk-bentuk menarik. 

Sayangnya, penggunaan bahan-bahan kimia secara rutin ternyata berdampak pada kesehatan rambut karena bisa menyebabkan rambut menjadi rapuh dan gampang rontok. Bahan kimia yang digunakan untuk meluruskan, mewarnai rambut, membuat bergelombang secara permanen dan lain-lain bisa menjadi pemicu penyebab rambut rontok apabila digunakan secara berlebihan. mulai sekarang cobalah merawat rambut anda dengan bahan=bahan alami baca artikelnya disini

Radikal Bebas
Radikal bebas merupakan zat beracun yang dapat mempercepat proses penuaan dini. Radikal bebas umumnya berasal dari polusi dan asap-asap beracun. Akibat yang ditimbulkan oleh radikal bebas sangat banyak, contohnya kulit menjadi keriput karena otot-otot menjadi lemah, terbentuknya bintik-bintik hitam di wajah dan kulit, timbulnya berbagai macam kanker, serta rambut menjadi cepat rontok akibat dari penuaan dini. Meskipun tubuh sudah dilengkapi benteng -benteng antioksidan, tetapi jika jumlah zat-zat beracun itu banyak, otomatis tubuh tidak mampu untuk menanggulanginya.

Penyebab Rambut Rontok Faktor Internal

Hormon
Masalah terkait hormon bisanya terjadi pada ibu yang sedang hamil karena ketidakseimbangan hormone, namun tidak menutup kemungkinan pada terjadi orang lain juga. Perubahan hormonal pada saat hamil dapat menyebabkan wanita mengalami rambut rontok selama masa kehamilan. Dengan perawatan yang benar dan asupan gizi yang cukup, pasca melahirkan masalah rambut rontok akan teratasi dengan sendirinya.

Stress
Paling banyak factor internal penyebab rambut rontok adalah stress. Apabila anda berada di situasi yang kurang nyaman kemungkinan besar anda akan mengalami stress dan rambut akan menjadi lebih cepat rontok. Jadi hindarilah stress sebisa mungkin.

Penyakit
Ada beberapa penyakit yang diketahui yang menjadi penyebab rambut rontok antara lain diabetes, lupus, tifus serta konsumsi obat-obatan tertentu, atau kemoterapi, dapat menyebabkan rambut rontok. Anda memang harus bersabar jika ini yang terjadi. Sakit atau konsumsi obat-obatan tertentu tersebut harus berlalu lebih dahulu, baru rambut rontok dapat diatasi secara berangsur-angsur.

Keturunan
Apabila salah satu orang tua anda memiliki gen rambut rontok maka ada kemungkinan anda akan mengalami hal yang sama. Untuk memeriksanya silahkan anda dating ke dokter ahli kulit.

Penyebab Rambut Rontok Lainnya

Selain faktor external dan internal ada beberapa hal lain juga dapat menjadi penyebab rambut rontok:

Diet dan Kekurangan Nutrisi
Diet juga bisa menjadi penyebab rambut rontok. Jika kalian ingin melakukan diet yang ekstrem, lebih baik pikirkan masak-masak. Jangan melakukan diet yang bisa membuat tubuh kekurangan nutrisi dan vitamin. Ini akan berdampak tak hanya pada berat badan dan kesehatan tubuh, melainkan juga penampilan seperti rambut dan kulit.

Asupan nutrisi sangat menentukan kualitas kesehatan tubuh, termasuk kesehatan rambut. Jadi, untuk memiliki rambut yang sehat, Anda harus memastikan bahwa kebutuhan gizi Anda telah tercukupi oleh makanan yang Anda konsumsi, terutama zar-zat gizi yang berhubungan langsung dengan kesehatan rambut.

Vitamin A, B, C, dan E, sangat diperlukan rambut. Kekurangan vitamin A akan membuat rambut kering dan mudah rontok. Vitamin B6 berperan sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Vitamin C membantu memperkuat rambut. Sedangkan, vitamin E melancarkan sirkulasi darah ke kepala.

Untuk mencegah atau mengurangi  rambut rontok, makanan-makanan yang mengandung gizi yang seimbang, terutama yang mengandung  vitamin A, B, C, E, protein, dan mineral wajib Anda konsumsi dalam menu harian Anda.

Kurang Perawatan
Jagalah selalu kebersihan rambut dan kulit kepada Anda dengan mencucinya secara teratur, menggunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Jangan  membiarkan kotoran menumpuk di kulit kepala, yang pada akhirnya dapat membuat rambut menjadi penyebab rambut rontok dan rusak. Di samping itu, hindari terlalu sering mengeriting, mencatok, atau mengeringkan rambut dengan hair dryer. Jika terlalu sering dilakukan, hal-hal tersebut dapat merusak sambut. Cobalah beberapa tips merawat rambut harian ini.

Gigi berlubang
Jangan abaikan jika gigi anda berlubang. Setiap bagian-bagian tubuh punya syaraf yang terhubung ke bagian-bagian tubuh lainnya. Meskipun gigi berlubang tidak sakit, tetapi usahakan untuk mencabutnya karena menyebabkan masalah pada organ tubuh. Efek dari gigi berlubang memang berdampak pada organ lain dalam waktu jangka panjang. Perlu diketahui, gigi berlubang jugamenjadi penyebab rambut rontok dan yang paling parah bisa menyebabkan kebotakan karena bisa menghambat pertumbuhan rambut baru sebab sel-sel itu disalurkan untuk membantuk gigi melawan infeksi.

Infeksi pada rambut kepala
Infeksi, seperti kurap, dapat menyerang rambut dan kulit kepala, yang membuat rambut rontok. Sekali infeksi diobati, rambut umumnya akan kembali tumbuh. Kurap yang adalah infeksi jamur, biasanya dapat diobati dengan perawatan medis anti jamur.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment